Jumat, 29 November 2019

Aura Mempesona Candi Arjuna Dieng


Tempat wisata sekarang semakin banyak di Indonesia yang perlu dieskplor lebih dalam sekadar untuk liburan atau mencari pengetahuan. Selain wisata alam yang populer dengan pemandangan indahnya sekarang juga banyak lokasi bersejaranh yang dijadikan tempat wisata yang juga tak kalah populer dengan wisata alam maupun wisata buatan lainnya, wisata bersejarah juga tak kalah menarik dengan bukti bahwa banyak yang mengunjungi wisata bersejarah.

Salah satu wisata bersejarah adalah Candi Arjuna di Dieng, ialah salah satu peninggalan peradaban kerajaan mataram kuno. Menurut catatan sejarah candi dieng merupakan salah satu candi yang paling tertua di tanah jawa. Candi arjuna terletak di dataran tinggi dieng, jika kalian mengunjungi candi arjuna ketika pagi hari mungkin suhu dingin yang ada di dataran tinggi akan menusuk kulit alangkah lebih baik untuk mengenakan baju hangat jika pergi ke candi arjuna.

Ketika masuk ke dalam candi arjuna para wistawan akan menumkan lima bangunan candi yang berjajar lurus, setiap candi memiliki ukiran dan lekukan yang berbeda. Candi ini sering digunakan untuk beribadah umat hindu, bahkan disediakan jalan yang penuh dengan kerikil sebagai jalur umat hindu untuk mengelilingi candi. Konon katanya candi arjuna berfungsi sebagai tempat pemujaan bagi dewa shiwa yang merupakan dewa teragung menurut kepercayaan uumat hindu.

Candi yang berdiri lurus dan berjumlah lima itu di antaranya ialah candi arjuna yang digunakan sebagai candi utama yang ada di kawasan bersejarah tersebut. Candi semar yang berhadapan dengan candi arjuna lalu ada candi srikandi, candi sembrada dan candi puntadewa. Bangunan bersejarah ini menjadi salah satu wisata di Dieng yang banyak pengunjungnya karena kisah yang meliputi bangunan ini pun sangat menarik itulah mengapa banyak yang penasaran dan ingin berkunjung ke candi arjuna di dieng.

Di candi arjuna juga terdapat museum yang menyimpan batu-batu prasasti maupun arca. Ada juga replika candi serta peralatan dapur dan alat perkebunan warga dieng pada zamannya. Ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan untuk pergi ke Candi Arjuna Dieng.

Aura Mempesona Candi Arjuna Dieng Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar