Senin, 17 Desember 2018

Little India


Berada di Little India, Singapura, tidak ubahnya kita masuk ke dalam kawasan Pasar Baru di Jakarta Pusat. Mungkin lebih tepatnya Pasar Baru sebelum 1980-an saat belum direcoki jaringan toserba yang menghilangkan kekhasan arsitektur lama. Kasan kuat keindiaan yang pertama tertangkap indra adalah aroma yang menguar begitu keluar dari Stasiun MRT Little India.

Aroma panduan rempah-rempah, dupa, bunga, serta minyak khas India yang berasal dari deretan toko di tepi jalan. Jika lebih cermat lagi, ke mana pun melangkah setiap sudut Little India, terdengar lagu-lagu Billywood yang berasal dari pemutar CD atau film dari DVD yang suaranya sampai ke radius bermeter-meter. Tidak heran, saat berada di toko baju bisa saja terdengar musik dari toko di sebelahnya atau toko di seberang jalan.

Berbatasan dengan Serngoon Road, Racecourse Road, Kitchener Road dan jalan besar, kawasan seluas satu kilometer persegi di bagian selatas Singapura ii menjadi jantung komunitas India. Dari stasiun MRT Little India, jalan beberapa rauts meter di Bukit Timah Road yang toko-tokonya menyediakan peralatan kosmetik moderen maupun tradisional, belok kiri, masuk Serangoon Road, Jalan utama distrik India.

Menyusuri Serangoon Road mirip seperti berjalan di jalan Malioboro Yogyakarta, jalannya yang panjang dengan deretan toko berasitektur lama di kiri-kanan jalan. Bangunan toko warna-warni bersaing dengan wanrna-warni kain sari yang digantung memenuhi toko kain. Restoran yang sering dikunjungi olhe para wisatawan adalah Sakuntala’s Restaurant bukalah sebuah restoran besar namun ini adalah sebuah restoran siap saji, mirip rumah makan padang di Jakarta.

Lokasinya di Dunlop Street, cabang dari Seranggoon Road, bertetangga dengan toko-toko yang menjual peralatan rumah tangga. Ruang makannya 6x15 meter. Tersedia menu a la xarte jika mkaan di tempat, dan hidangan di lemari pajang bisa dipilih untuk makanan yang dibungkus untuk dibawa pulang. Ada satu kuil India yang cantik letaknya bukan berada di Littel Indoa melainkan di kawasan Chinatown di South Bridge Road, nama kulinya adalah Sri Mariamman Temple.

Little India Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar