Minggu, 03 November 2019

Sejarah Pertempuran Bojongkokosan


Dalam mempertahankan kemerdekaan ternyata rakyat cianjur sendiri tidak diam saja, tercatat dalam sejarah pertempuran bojongkokosan bahwa cianjur ikut andil dalm melawan penjajah. Pertempuran bojongkokosan. Saat itu terjadi pada akhir november sampai desember. saat siang hariitu sekutu diperkirakan menuju sukabumi membuat komandan kompi III di bawah pimpinan kapten murad, kepala seksi I dan seksi II bersama barisan kelaskaran serta masyarakatpun berusaha menduduki tempat pertahanan.

Pasukan TKR pun ikut membantu dan bergabung dalam penghadangan di jalan bojonkokosan. Pada awal desember ada laporan yang diberitahukan oleh komandan pos cigombong, yang melaporkan bahwa sekutu telah memasuki daerah cigombong dengan dua tank sherman. Disusul dengan laporan yang memberitahukan bahwa ada sekitar 150 buah truk sekutu, kendaraan berlapis baja dan kendaraan-kendaraan brencarrier.

Melihat itu komandan resimen 3 TKR memerintahkan pos-pos yang berada di daerah itu untuk tidak menyerang terlebih dahulu sebelum memasuki daerah bojongkokosan. Saat sudah sampai di daerah tersebut mereka turun menyerang sekutu. Pejuang sukabumi yang saat itu berada kira-kira 10 sampai 12 meter melemparkan banyak granat secara terus menerus.

Tank shermanpun yang saat itu kaget dengan penyerangan ini menembaki tebing-tebing yang berada di sekitar pejuang, hal ini mengakibatkan daera itu terjadi longsor dan banyak yang gugur dengan tertimpa tanah longsor. Pada saat itu pun penyerangan sempat berhenti karena hujan turun dengan deras.

Tak ada pertempuran yang terjadi kembali yang mengakibatkan tank sherman dan beberapa truk konvoi dapat kembali berjalan. Tapi terjadi lagi penghadangan yang dilakukan oleh empat batalyon di mulai dari ciawi-sukabumi-cianjur yang telah memasang rintangan-rintangan untuk menghambat laju konvoi yang saat itupun jalannya cukup terjal yang terdapat banyak tebing dan banyak belokan tajam dan naik turun, hal ini memudahkan bagi pejuang untuk melakukan penyergapan.

Dilaporkan ada 4 orang musuh tewas dan truk-trukpun kembali ke bogor. Pada hari itupun dilaporkan ada sebanyak 124 buah truk inggris dicegat di wilayah ciranjang dan gekbrong.

Sejarah Pertempuran Bojongkokosan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar