Senin, 13 Mei 2019

Konvoi Pasukan Sekutu Antara Cianjur Dan Sukabumi


Saat itu di sepanjang perjalanan konvoi sekutu menuju sukabumi, sekutu malakukan penembakandengan liar dan membabi buta. Hal itupun mendapat perlawanan dari pihak pejuang yang telah berada di sepanjang jalan sampai perbatasan cianjur. Serangan TKR di sepanjang jalan itu merugikan sekutu. Dan menghebohkan pemerintah kerajaan inggris karena dapat kecaman dari pihak AFNEI.

Sekutupun saat itu mencari cara lain yaitu denagan melakukan konvoi melalui jalan raya sukabumi yang dikiranya aman. Karena tidak dipenuhinya janji sekutu menyulut para pejuang melakukan balasan. Balasan itu dilakukan dengan melakukan kembali penghadangan. Dengan adanya penghadangan ini membuat pihak sekutu meminta bala bantuan dari bandung. Saat konvoi sekutu dari bala bantuan bandung melewati jembatan cisokan di daerah ciranjang, pasukan kompi kapten dasuni zahid langsung memberikan tembakan dari atas tebing.

Saat itu pun sebuah tank sherman meledak karena terkena ranjau darat di jembatan. Didaerah warungkondang saat itu tank –tank sherman terhambat karena adanya barikade pepohonan yang menghalangi jalan.konvoipun berhenti dan pada saat itupun terjadi penyerangan dan banyak ledakan granat yang mengepung konvi sekutu yang saat itu terpaksa berhenti karena barikade pohon.adapun saat akan menuju ke gekbrong terjadi lagi pertempuran yang cukup lama.

Saat itu ada satu tank shermen yang mogok karena ada tanjakan, saat si supir turun kepalanya terkena tembakan dari pejuang cianjur. Sekutu kembali mendatangkan bala bantuan dari bogor dengan ,membawa tank-tank tempur dan kendaraan-kendaraan berlapis baja yang melewati puncak-ciawi-cianjur yang saat itupun para pejuang tengah mealkukan serangan terhadap musuh. Dalam pertempuran inipun gugur 11 pejuang dan banyak tank musuh yang telah hancur.

Hal ini beresiko tinggi bagi sekutu dan mengakibatkan mereka batal menduduki sukabumi. tentara inggris di bandung memerintahkan bridgadier N.D. Wingrove untuk membantu kelancaran konvoi sukabumi-bandung. Sepanjang jalan menuju bandungpun pertempuran terus terjadi di daerah cisokan, citarum dan purabaya. Penghadangan – penghadangan yang dilakukan ternyata sangat efektif untuk menahan laju pasukan sekutu saat itu.

Konvoi Pasukan Sekutu Antara Cianjur Dan Sukabumi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Deputri Aminah

0 komentar:

Posting Komentar